Image result for gambar buku dewi sartika
Identitas buku:
Judul                               : Dewi Sartika
Nama Ppengarang          : Rochiati Wiriaatmadja
Penerbit                          : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Pendidikan Moral                                Pancasila
Penerbitan                       : Jakarta,1986
Jumlah Halaman             : 128

Rangkuman:

                Sejarah singkat R.A Dewi Sartika, biografi dan profil yang ada menuliskan bahwa beliau menempuh sekolah dasar di Ccicalengka. Bukti lain bahwa Dewi Sartika sudah berbakat dalam dunia pengajaran selain hobbynya bermain berperan menjadi guru adalah ketika ia menginjak umur 10 tahun, ia sudah ahli baca tulis dan beberapa kata Bahasa Belanda yang mampu ditunjukkan oleh anak-anak dari kalangan rakyat jelata yng mampu melakukan hal-hal tersebut, terlebih lagi fakta bahwa yang mengajar mereka adalah seorang perempuan berumur 10 tahun.
                Beliau adalah Pahlawan Nasional dibidang Pendidikan. Pada tahun 1912 ada 9 sekolah istri berdiri dan pada tahun 1920 kembali bertambah. Sebelum Dewi Sartika dinobatkan sebgai Pahlawan Nasional Indonesia, ternyata Dewi Sartika telah terlebih dahulu dianugerahi jasanya oleh pemerintah Hindia-Belanda karena kegigihannya memberi pengajaran yang layak bagi seluruh lapisan masyarakat.

Kelebihan Buku: 1). Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar penting sehingga para pembaca bisa                                               lebih tahu tentang peristiwa yang dialami oleh Dewi Sartika.
                                 2). Buku ini mengajarkan pada semua masyarakat khususnya kaum wanita agar lebih                                             giat dalam belajar agar masa depan tidak suram.

Kekurangan Buku: Buku ini dibuat dengan kertas yang tipis sehingga mudah robek/rusak.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERANG DUNIA I & II

Perang Teluk